Kita Cinta Papua

Seleksi Nasional Jalur Program Kita Cinta Papua (KCP) merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru PTKKN berbasis afirmasi terhadap siswa asli Papua dan Papua Barat. Jalur seleksi nasional ini dirancang untuk memberi akses seluas-luasnya kepada siswa asli Papua dan Papua Barat demi mengembangkan potensi mereka.

 

A.        KUOTA

Kuota secara khusus untuk jalur seleksi KCP terhadap siswa asli Papua dan Papua Barat dialokasikan sebesar 10% dari total penerima KIP Kuliah pada masing-masing institusi PTKKN.

 

B.        DOKUMEN PERSYARATAN

Dokumen persyaratan yang harus disiapkan untuk diunggah pada aplikasi pendaftaran online dalam bentuk file .jpg atau .pdf dengan ukuran maksimal 500 kb adalah sebagai berikut:

1.          Ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)dan/atau Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah (SKHUS);

2.          Rapor kelas XI/1 sampai dengan kelas XII/2;

3.          Kartu Tanda Penduduk (KTP);

4.          Kartu Keluarga (KK);

5.          Akta Kelahiran;

6.          Kartu Program Indonesia Pintar (PIP)/ Kartu Keluarga Sejahtera/ Kartu Perlindungan Sosial/ Surat Keterangan Tidak mamapu.

7.          Surat Keterangan Belum Menikah dari Kepala Desa/Lurah/Kepala Distrik;

8.          Surat Rekomendasi dari Gereja asal pemohon, tempat pemohon bergereja;

9.          Membuat Surat Pernyataan kesediaan mematuhi tata tertib kampus selama kuliah;

10.      Membuat pernyataan kesanggupan menyelesaikan pendidikan sesuai dengan jangka waktu;

11.      Surat Pernyataan Bersedia Tinggal di Asrama selama menempuh kuliah pada PTKKN yang diterima;

12.      Pakta Integritas tidak terlibat dan/atau terindikasi mengikuti kegiatan/organisasi yang bertentangan dengan Pancasila dan NKRI.

Dalam hal peserta menemui kesulitan dalam mengunggah seluruh portofolio secara online, peserta dapat menghubungi nomor kontak panitia pusat dan panitia lokal untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

 

C.        PROSEDUR PENDAFTARAN OFFLINE

Pemohon mengajukan surat permohonan beasiswa afirmasi program “Kita Cinta Papua” kepada Rektor/Ketua PTKKN yang dipilih. Surat permohonan bisa ditulis atau diketik dan dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan sebagaimana tercantum dalam bagian B di atas;

1.         Surat permohonan disampaikan melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat;

2.         Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota menerima suratpermohonan beasiswa dan melakukan pendataan bahwa surat permohonan yang masuk telah memenuhi persyratan baik dokumen maupun keaslian sebagai Orang Asli Papua dan selanjutnya menyerahkan kepada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua/Papua Barat;

3.         Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua/Papua Barat menerima surat permohonan beasiswa dan persyaratannya dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota kemudian melakukan pendataan dan bersama PTKKN seluruh Indonesia melakukan seleksi apakah pemohon dapat diterima atau tidak sebagai mahasiswa penerima beasiswa afirmasi Program ”Kita Cinta Papua”.

 

INFO

Silahkan menghubungi admin pusat atau ptkkn jika mengalami kesulitan.

SEKRETARIAT
IAKN AMBON

Jl. Dolog Halong Atas, Kota Ambon, Maluku
Astrid Sanaky (085243008209)

Office Hours

Senin – Jumat : 08:00-16:30 WIB
Sabtu – Minggu: closed

Supported By - CV. FR-SYSTEM